Tuesday 17 December 2019

MENCOBA TOOL BARU KAYU AGUNG - BAKAUHENI

Topik paling trendy di seantero Sumatera Selatan adalah telah diresmikannya jalan tol Kayu Agung - Bakauheni Lampung. Yang konon kabarnya ke Lampung sekarang hanya ditempuh dalam 3 jam perjalanan. Lantas yang menambah kuat keinginan buat ke Lampung adalah sebuah destinasi wisata yang menurutku most place have to visit adalah Maldives nya Indonesia. Aku mengetahui adanya destinasi wisata ini lewat media sosial Instagram. Selama ini aku cuma memelototkan mata dan menyusun angan-angan buat datang ke destinasi ini.

Dannn... qadarullahnya adalah ketika aku chat iseng sama keponakanku Ade, dia ajak aku trip ke Jepang. Iya sih aku memang punya planning buat ke Jepang, namun jatah cutiku tahun 2019 sudah habis. Dan baru timbul lagi tahun September 2020, boleh pinjam cuti sih sebanyak 6 hari di bulan Februari 2020. Jadi impossible bisa ke Jepang tahun ini. Ehhh...iseng-iseng bercerita terlontarlah ajakan aku untuk ke Lampung nyobain Tol baru, sekalian test drive mobilku yang baru. Dan gayungpun bersambut Ade malah bilang "Ayoooo... hari Sabtu nanti"

"Sabtu kapan?" Aku minta ketegasan
"Besok !", jawab Ade.
"Bukankah kamu masih di Banjarmasin", tanyaku tak yakin.
" Jum'at adek balek"
" Apakah Ade tak capek?"
" Idak"
" Serius??"
" Serius!"

Ohhh.. ya sudah! Aku juga tak ada halangan. Aku kontak Atik dan Kotada travel mate sejati aku. Kalau Atik langsung memastikan tak bisa karena dia ada pelatihan tambahan materi untuk bahan mengajar ke para santri. Kotada langsung jawab oke. Let's plan the itinerary. Seperti biasa aku langsung brwosing di google juga dapat sharing dari Dedek Catur, karena dia baru pulang trip ke Lampung juga.

Meski hampir pasti gitu aku tetap blom siap apa-apa. Masih trauma kejadian ke Banyuwangi, saat di last minute date Iyun tiba-tiba membatalkan ikut. Aku rugi hampir 1 jutaan meskipun direfund. Jadi yah kubiarkan saja semua laju. Sampai pagi Jum'at itu aku kembali chat sama Ade. Aku minta lagi ketegasan jadi atau tidak. Dia jawab sangat yakin. Jadi. Kuulangi pertanyaan yang sama 3 kali dan jawabannyapun tetap sama.

Meskipun Ade dengan amat yakinkan bilang jadi, tadinya aku mau boking tiketnya pagi-pagi saja saat sudah OTW (wkwkwkkw...aku bener-bener trauma yah dengan kata "Batal"). Tapi Ade bilang inshaa Allah tak batal bik Esi. Bookinglah hotel tuh, kalau besok takutnya sudah fullbooked, karena Lampung jadi most visited week end destination trip sekarang, katanya. Ya sudahlah aku lalu booking hotel. Bener saja semua fullbooked. Alhamdulillah kami dapat hotel Grand Praba, lumayanlah sekitar 400 ribu semalam. Booking 2 kamar, dan dengan memakai TIX point di tiket.com aku hanya bayar 550 ribu untuk 2 kamar. Siang istirahat Jum'at aku baru menyiapkan keperluan snack dan minuman. Berdasarkan info Dedek sepanjang Tol belum ada rest area, jadi harus bawa bekal sendiri.

Akhirnya jam 7 pagi setelah mampir-mampi membeli macam-macam keperluan seperti kartu tol, beli snack lagi dan yang pasti numpang ke toilet, aku beser karena subuh tadi minum kopi radix. Jam 7 pas kami masuk ke gerbang tol Indralaya. Enak banget jalan tolnya jadi lancar cepat. Perjalanan yang memakan waktu itu hanyalah sehabis tol Indralaya (Ogan Ilir) sampai ke Kayu Agung alias pintu Tol Kayu Agung - Bakauheni. Jalannya jelek bergelombang sedikit berlobang dan padat merayap. Kenanyakan truk-truk besar disamping mobil-mobil pribadi. Setelah masuk tol nyaman dan lancar. Lucunya aku sampai sakit pinggang karena nahan pipis. Sepanjang itu perjalanan tak ada rest area, bersyukurlah beberapa saat lagi tiba di Lampung ada temporary toilet milik para pekerja Waskita Karya yang membangun jalan tol. Lumayan sih toiletnya seperti toilet dadakan saat kita wukuf di Arofah. Bersih... dan ada sekitar 6 kamar. Rasanya legaaa banget.... Dan tak begitu lama lagi. Jam 11.15 kami sudah sampai di hotel Grand Praba yang aku order via tiket.com. Asyiknya kami sudah boleh check in.

Kami check in dan istirahat sejenak sembari menunggu sholat Dzuhur. Sepakat setelah sholat Dzuhur jamak Ashar kami akan keluar cari makan siang dan memulai explore objek wisata yang sudah dicatat. Oh iya.. kebingungan mau makan siang dimana aku coba googling dan bertemulah nama "Rumah Makan Sambal Alu". Oke atas bantuan google map kami bertemu dan santap siang di sini.

Gerbang Tol Baru

No comments: