Friday 22 November 2019

PANTAI WATU DODOL

Hari ketiga di Banyuwangi, pagi jam 7 setelah sarapan di hotel Slamet, Mas Nanang menjemput kami untuk memulai trip hari ini. Tujuan utama adalan Taman nasional Baluran alias Afrika Van Java. Sekali jalan kami mampir dulu di pantai Watu Dodol.

Pantai Watu Dodol terletak di kawasan pelabuhan Ketapang, tepatnya berada di Jl. Banyuwangi – Situbondo, Ketapang, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Jarak yang harus ditempuh dari pelabuhan Ketapang ke Watu Dodol kurang lebih 2 km. Sedangkan Jarak yang harus di tempuh dari Banyuwangi Kota ke wisata ini kurang lebih 15 km.

Karena letaknya di pinggir jalan perlintasan Situbondo – Banyuwangi jadi sangat mudah digapai. Kami sendiri kaget ketika sang driver memberhentikan mobilnya dan menyuruh kami turun. Loh kok berhenti? Kita ke pantai Watu Dodol dulu bu....! Kami akhirnya turun. Suasana masih sangat sepi, hanya ada petugas pembersih taman, mungkin karena ini bukan week end jadi sama sekali tak ada pengunjung selain kami berempat.

Watu Dodol, salah satu pantai yang menawarkan panorama alam yang menawan. Mengingat lokasinya yang berada di perbatasan antara Situbondo dan Banyuwangi, Pantai Watu Dodol kerap dianggap sebagai gerbang masuk menuju Kabupaten Banyuwangi. Nama Watu Dodol sendiri diambil dari batu karang besar yang berada tepat di pinggir pantai. Batu karang berukuran tinggi sekitar 5 meter tersebut berbentuk panjang menyerupai jajanan tradisional yaitu dodol.

Karakteristik unik dari Pantai Watu Dodol adalah pantainya yang tidak berpasir, melainkan dipenuhi bebatuan coral dan karang. Meski demikian, air di Pantai Watu Dodol masih sangat jernih dan memiliki panorama pemandangan alam yang sangat menawan. Mengingat ombaknya yang besar, pengunjung Pantai Watu Dodol tidak diperkenankan untuk berenang, namun di pinggir pantai terdapat beberapa kedai yang menjual berbagai kuliner khas pesisir.

Menariknya, di pantai ini terdapat dekorasi patung penari Gandrung yang berada di atas bangunan. Sambil memegang kipas, penari ini seolah-olah sedang meliuk-liukan badannya memperlihatkan kelihaiannya menari dan memberikan salam selamat datang kepada pengunjung pantai. Pantai Watu Dodol memang kerap disinggahi oleh pengendara yang melintasi kawasan Situbondo – Banyuwangi. Lokasinya yang berada tepat di pinggir jalan menjadi alasan pantai ini kerap dijadikan persinggahan bagi pengunjung yang ingin bersantai sejenak.

Dari pesisir pantai di seberang kejauhan terlihat pulau Bali. Karena kami sudah puas bahkan sudah kenyang melihat suasana pantai (Bayangkan Agustus lalu kami ke Bangka-Belitung dan semuanya wisata pantai. Lalu kemaren seharian penuh bermain di pantai Pulau merah) jadi kami agak kurang antusias berlama-lama di pantai ini, hanya ambil beberapa foto saja. Alhamdulillah fotonya keren-keren. Siluet dari efek backlight membuat fotonya bagus. Aku suka.

Morning sunshine yang membuat backlight dan jadi silhuet yang cantik
Sepi

Entrance

Kilau cahaya matahari menimpa air laut...cantik sekali

Airnya terlihat tenang tapi jika ombak datang besarrr...katanya

Pohon nyiur melambai di tepi pantai