Thursday 3 February 2022

ANGGREKKU BERBUNGA

Sebenarnya aku pengen banget punya anggrek yang bunganya menor-menor seperti di punya para vlogger tanaman hias itu. Aku sendiri sudah habis-habisan beli anggrek. Pernah aja sampai jutaan berkali-kali. Tapi sedih sekali gak pernah ada yang bertahan hidup apalagi berbunga. huuuuhuuuu. Sampai akhirnya aku buka vlog yang berisi tips merawat anggrek.

Tahu juga ilmunya dan semua kesalahan yang telah aku lakukan selama ini. Mulai dari media tanam yang salah. Media tanamnya yang gak dibenahi sejak dari belinya. Rupanya media tanam anggrek harus poros, angin bisa lewat (sirkulasi udara yang masuk keluar dari akar-akarnya harus baik), lembab tapi gak basah. Aku dapat tips untuk menanam anggrek yang baru dibeli sponge atau mosh nya di lepasin dulu sehingga tersisa akar doang. Lalu ditempelkanlah akar-akar itu pada sekeping papan (yang aku beli di online shopee).Lalu diikat tali dan tempelin aja ke dinding papannya. Lalu dikasih sabut kelapa dikit didindingnya supaya ada air yang bisa tertahan disitu untuk bikin dia lembab.

Kesalahan kedua adalah terlalu fokus untuk paksa anggrek berbunga sehingga seluruh pupuk bunga yang dijual dibeli dan  disemprotin ke anggrek itu. Maka mati busuklah dia.

Setelah dapat ilmunya aku penasaran. Beli lagi anggrek via shopee. Cari yang murah-murah aja biarpun anakan, supaya kalau mati gak terlalu sakit hati. Adalah 7 anggrek yang aku beli. Seperti biasa selalu gak sesuai ekspetasi kalau belanja online. Penampakan asli gak sebagus penampakan displaynya. Hmmm... semua jelek. Nampaknya orang yang jual menjual anggrek sisa pangkasan, seperti kalau aku potongin kembang yang sudah menjulang. Hasil pangkasannya itu kalau aku kan dibuang ke tong sampah, nah ini oleh penjualnya dijualin...

Kecewa sih tapi yahhh sudahlah. Ikhtiar aja aku tanam anggrek itu sesuai tips dan petunjuk vlogger anggrek. Dari 7 anggrek akhirnya cuma hidup 2 buah saja. Kubiarin aja paling disemprot air sehari sekali kalau tidak hujan. Tapi Alhamdulillah si anggrek bageur pisan tumbuh subur. Sampai beberapa hari lalu aku lihat ditangkainya ada gepokan kayak biji brokoli gitu. Ehhh.. 2 hari lalu kok mekar dua. Dan pagi tadi mekar semua. Cantik...unik dan antik deh. Entah varian apa ini aku gak tahu tapi aku senengggg banget. Welcome to my little jungle cantik...

Mungil dan cantikkk

Itu daunnya

Yang di atas temennya yang bertahan hidup juga

Penampakan batang dan daunnya

Penampakan 2 hari lalu

No comments: